Munir Pernah Jatuh Saat Tidur di Meja

Written By Sepatu on Minggu, 09 September 2012 | 21.02

TEMPO.CO, Surabaya - Almarhum Munir Said Thalib pernah terjatuh dari atas meja saat menginap di kantor Lembaga Bantuan Hukum Surabaya, Jalan Kidal, pada awal 1990. Muhamad Ma'ruf Syah, teman dekat mendiang yang juga sesama aktivis LBH Surabaya mengenang, Munir selalu tidur di atas meja di ruang pertemuan.

Munir yang kala itu menjabat sebagai Kepala Operasional LBH Surabaya memilih meja ruang pertemuan sebagai tempat tidur karena tepat di langit-langit atasnya terdapat kipas angin. Para aktivis LBH Surabaya menjuluki kipas angin itu baling-baling helikopter karena bila diaktifkan suaranya keras. "Cak Munir tidur di bawah kipas angin karena kalau malam memang banyak nyamuk," kata Ma'ruf kepada Tempo, Ahad 9 September 2012.

Menurut Ma'ruf, setiap tidur di atas meja Munir selalu mengenakan sweater tebal, sarung dan kaus kaki. Meski meja itu tidak terlalu luas, namun cukup untuk menampung tubuh Munir yang kurus dan kecil. "Suatu ketika Cak Munir pernah terjatuh. Saat saya tanya, ia mengaku habis mimpi dikejar-kejar orang," kata Ma'ruf yang ketika itu menjabat sebagai Divisi Hak-Hak Sipil LBH Surabaya.

Selain biasa tidur di atas meja, kata Ma'ruf, almarhum juga jarang mandi. Sebab setelah sekretariat tutup jam 16.30, Munir bukannya istirahat atau mandi tapi malah pergi ke kantong-kantong buruh di Rungkut, Tanjungsari dan Tandes. Di sana Munir melakukan pengorganisasian, penguatan dan advokasi terhadap para buruh.

Ada tiga masalah utama yang menjadi konsen Munir, yakni pemutusan hubungan kerja, problem pengupahan dan tindakan aparat keamanan yang represif terhadap pekerja. Munir sering mengajak Ma'ruf pergi ke kantong-kantong buruh, meski terkadang juga pergi sendirian. "Cak Munir selalu berangkat setelah salat Magrib, mengendarai Honda Astrea Grand warna biru. Pulangnya sudah larut, antara pukul 23.00 - 01.00," kata Ma'ruf.

Meski tidurnya larut malam, namun Munir selalu bangun pagi-pagi. Pukul 08.00, ketika para para aktivis, relawan dan tenaga administrasi LBH Surabaya mulai berdatangan, Munir telah rapi jali. Munir juga jarang libur pada Sabtu dan Minggu, meski pada hari itu resminya kantor LBH tutup. "Cak Munir mengalah tetap stand by di kantor untuk melayani konsultasi dengan buruh, karena pada hari itu buruh-buruh sedang libur," kata Ma'ruf yang kini telah berpraktek sebagai pengacara.

KUKUH S WIBOWO

Berita Lainnya:

Kematian Ongen di Tengah Misteri Kasus Munir 

Munir di Mata Petani Banyuwangi 

Munir dan Mobil Toyota Mark Putih Kesayangannya

Munir Boyong Ayam Jago dari Sukabumi ke Jakarta 

Setelah Munir Meninggal, Ikan Kesayangannya Nyusul

Alasan Munir Pilih Garuda Indonesia

09 Sep, 2012


-
Source: http://id.berita.yahoo.com/munir-pernah-jatuh-saat-tidur-di-meja-133725705.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Munir Pernah Jatuh Saat Tidur di Meja

Dengan url

http://bacterialviruses.blogspot.com/2012/09/munir-pernah-jatuh-saat-tidur-di-meja.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Munir Pernah Jatuh Saat Tidur di Meja

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Munir Pernah Jatuh Saat Tidur di Meja

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger